zondag 11 maart 2018

Cara Menyembuhkan Penyakit Eksim Kering

Cara Menyembuhkan Penyakit Eksim Kering -
Kulit gatal atau pruritus yakni kondisi yang sangat awam terjadi. Melainkan seandainya terjadi dalam waktu lama dan diiringi gejala lain, keadaan tersebut dapat menjadi indikasi penyakit yang lebih serius seperti gangguan ginjal.

Gatal dapat terasa pada area tertentu atau semua tubuh. Kulit kemerahan atau ruam merupakan gejala yang tak jarang mengiringi rasa gatal. Pada biasanya keadaan ini bisa reda dengan sendirinya, atau sirna setelah ditangani dengan obat-obatan bebas. Tapi ada kalanya, gatal tak kunjung reda dan berisiko menjadi gejala permulaan adanya kondisi yang lebih serius. Baca juga seputar: Cara Mengobati Penyakit Kulit Gatal

Elemen di Balik Gatal
Mengenali penyebab gatal penting untuk memastikan langkah penanganan. Selain gigitan serangga yang menjadi penyebab gatal paling biasa, ada banyak hal lain yang dapat menjadi pemicu gatal, adalah:
Penyakit atau kondisi kulit tertentu, seperti eksim, kudis, psoriasis, folikulitis, prurigo. Rasa gatal lazimnya timbul pada zona kulit tertentu seperti iritasi kulit, kulit merah, sampai bintik merah.

Kulit kering (xerosis) dapat diduga menjadi penyebab rasa gatal. Kondisi ini umumnya teridentifikasi seandainya tidak ada bintik merah atau perubahan lain yang kelihatan pada permukaan kulit. Kulit kering biasanya disebabkan oleh kondisi lingkungan, seperti udara dengan kelembapan rendah, terlalu lama mandi atau mencuci, serta terus-menerus berada di dalam ruangan ber-AC. Baca juga tentang: Cara Mengobati Sakit Gatal Pada Kulit

Gangguan syaraf, seperti sklerosis multipel, diabetes, syaraf terjepit, serta herpes zoster.

Penyakit dalam seperti hepatitis, sirosis, penyakit celiac, anemia defisiensi besi, gagal ginjal, gangguan tiroid, leukemia, dan limfoma.

Respon alergi dan iritasi terhadap bahan-bahan baju, seperti pakaian yang terbuat dari wool, benda dari karet, bahan kimia dalam sabun, kosmetika, alergi akibat makanan tertentu, biang keringat, serta alergi terhadap tanaman tertentu.

Di masa kehamilan, sebagian wanita merasakan gatal pada bagian perut, lengan, paha, dan payudara karena perubahan hormon. Beberapa persoalan kulit yang dapat berkembang dikala hamil antara lain:
  • Papula urtikaria pruritus dan plak yang menyebabkan ruam dan gatal pada paha dan perut bagian atas.
  • Prurigo gestationis: ruam pada lengan, kaki, dan tubuh komponen atas.
  • Kolestasis obstetrik: gangguan pada hati di masa kehamilan yang menyebabkan rasa gatal tanpa ruam.
Penyebab lain:
  • Alergi terhadap obat misalnya antibiotik atau aspirin.
  • Gigitan serangga dan parasit: gigitan nyamuk, kutu rambut, sengatan lebah.
  • Infeksi seperti cacar, kurap, dan jamur.
  • Situasi psikologis seperti depresi dan kecemasan.
  • Menopause: perubahan hormon ketika menopause bisa menyebabkan gatal-gatal.
Tips-tips Mencegah Gatal Menetap
Menggaruk bukanlah solusi gatal. Menggaruk kulit tubuh yang gatal bisa membuatnya luka, berbekas, malahan terinfeksi. Penanganan gatal yang ideal bertumpu dari elemen penyebabnya. Berikut ini sebagian tutorial umum yang dapat ditiru:
  • Lebih baik mengusap daripada menggaruk area yang gatal.
  • Minimalisasi konsumsi makanan pedas, kafein, dan minuman keras yang dapat memengaruhi aliran darah dan menyebabkan gatal bertambah parah.
  • Kompres bagian yang gatal dengan kain flanel yang dibasahi air dingin.
  • Potong kuku Anda sehingga tak akan memunculkan luka bila tak bisa membendung diri untuk menggaruk area yang gatal.
  • Mandi dengan air dingin dan batasi supaya waktu mandi tidak lebih dari 20 menit.
  • Hindari penerapan pakaian dengan bahan yang bisa menambah rasa gatal, seperti wool atau pakaian yang terlalu ketat.
  • Oleskan losion sesudah mandi untuk membikin kulit tetap lembap.
  • Pakai sabun dengan kandungan ringan yang tak terlalu berisiko menyebabkan iritasi kulit.
  • Gunakan sprei dengan bahan yang tidak panas dengan permukaan halus.
  • Lebih rileks dan sebisa mungkin kelola stres. Kecemasan dapat membikin gatal memburuk.
Selain cara-cara sederhana di atas, gatal karena situasi tertentu juga bisa ditangani dengan obat-obatan antihistamin dan krim steroid yang dijual bebas di pasaran. Baca juga: alergi gatal gatal pada kulit

Akan tapi, Anda sebaiknya seketika memeriksakan diri ke dokter apabila gatal pada kulit tak kunjung reda sesudah 2 pekan, terasa tak tertahankan, atau sangat mengganggu sehingga Anda tidak dapat berkonsentrasi. Keadaan ini berisiko menjadi lebih serius secara khusus kalau gatal disertai gejala lain, seperti pembengkakan, kelelahan, kulit yang memerah atau malahan menguning (dicontoh menguningnya mata), penurunan berat badan, perubahan frekuensi membuang air kecil.

Untuk menolong memudahkan diagnosis dokter, Anda dapat menulis daftar seputar:
  • Kapan gatal mulai dirasakan.
  • Apa saja gejala yang menyertainya (bila ada).
  • Daftar obat-obatan yang dikonsumsi sebagian waktu terakhir.
  • Apakah sedang menjalani pola makan tertentu.
  • Apakah bepergian ke daerah tertentu.
  • Apakah terjadi kontak dengan elemen-unsur yang berpeluang memunculkan gatal, seperti binatang piaraan.
Sekiranya dokter mendeteksi kemungkinan adanya penyakit yang lebih serius, Anda bisa diminta untuk menjalani percobaan darah untuk mengonfirmasi potensi kekurangan zat besi. Pemeriksaan lain juga mungkin dikerjakan untuk mendeteksi kemungkinan kelainan fungsi tiroid, gangguan ginjal, serta cahaya X untuk memeriksa kelenjar limpa. Baca juga: apakah eksim bisa sembuh total

Dokter kadang meresepkan calcineurin inhibitors (penghambat kalsineurin) untuk menekan kinerja metode kekebalan tubuh sehingga mengurangi inflamasi kulit. Antidepresan dapat jadi dikasih jika metode-cara sebelumnya tidak sukses.

Sekiranya langsung diperiksa dan ditangani dengan ideal, gatal tak akan meninggalkan bekas dan justru bisa menjadi elemen yang menolong diagnosis penyakit tertentu.

Demikian ialah review tentang Cara Menyembuhkan Penyakit Eksim Kering yg bisa kami sampaikan utk Anda semua. Semoga kutipan tersebut bermanfaat & bisa menambah ilmu untuk Agan semua.